ASAL MULA SOCAH

Wes wes dari pada penasaran, aku kasih tau dulu arti katanya dulu. Socah, artinya adalah mata. Ini adalah bahasa Madura yang cukup halus dalan kasta. Kenapa di pakai dengan kata2 yang halus? Ini ada kaitannya dengan asal usul desa ini. Sebelum itu yuks kita lebih tau desa Socah itu sendiri.


Desa socah adalah sebuah desa kecil yang terletak 15 menit dari kota Bangkalan dan pelabuhan Kamal. Disini tempat yang enak untuk dikungi, kenapa? Karena disini dekat dengan laut, sehingga pemandangan disini sangatlah bagus. Ditambah lagi banyak tempat makanan yang enak yang tersedia disini. Tapi rada mahal sih, bis yang di jual adalah sari laut so pasti harganya selangit buat orang2 yang kayak aku. Hehehe.

Aku akuin sih tempat disini enak banget, damai rasanya klo disini. Oia, disini juga ada banker lho.. Buat tempat perang gitu, huh seru, aku pernah dateng kesana. Jadi semangat buat ngebayangin masa lalunya seperti apa. Mantep deh pokoknya.

Di sini juga kita bisa liat kapal2 besar yang mau landas dari pelabuhan ujung. Kapalnya gede2, kapal kargo sih soalnya. Trus juga ada Mercusuar yang biasanya di buat tempat rekreasi dan tempat pacaran. (Aku juga pernah pacaran disana euy… romantic banget.. wkwkwkwk.. first love mamen…). Untuk masuk ke tempat ini cukup murah kok. Cuman Rp. 500,00 aja dah bisa masuk trus naik ke mercusuarnya, nah liat tuh pelosok Madura dari sini. (Lebay… hehehe)

Apalagi ya? Oke, kita back to nature, ups keliru ding… back to histori…
Asal muasalnya nama desa ini adalah karena dulu pangeran Jokotole pulang membawa istrinya karena telah memenangkan perang, tapi saying istrinya buta. Tapi namanya pangeran jokotole ini berhati besar makanya diterima aja, gak tau deh klo aku yang nerima,. Hehehe. Nah singkat cerita, istri P. Jokotole ini cuca muka disini, eh ternyata eh ternyata istrinya yang buta ini bisa liat lagi sehabis cuci muka. Yah jadilah desa ini dinamakan desa socah yang artinya mata dalam bahasa maduranya. Seru juga kan ceritanya? Hehehe…

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog

Diberdayakan oleh Blogger.