penjurusan di MANBA terbagi menjadi 4 jurusan yaitu jurusan agama,ipa,ips dan bahasa. semua jurusan itu di dukung oleh semua fasilitas2 yang ada di sekolah kita MANBA , buksn hanya fasilitas nya saja yang mendukung tapi juga guru nya yang memang ahli dalam bidang nya masing-masing, mereka juga bukan hanya mengajari kita tentang pelajaran-pelajaran umum tapi pelajaran agama juga mereka ajarkan pada kami,siswa-siswi MANBA,agar kita tetap ingat bahwa ada peljaran agama yang harus kita pelajari juga.
      kalau kita memilih jurusan ,lebih baik kalau kita memilih jurusan itu sesuai dengan kemampuan kita, agar kita tidak merasa terbebani dengan pelajaran nya nanti, karna kalau kita memilih sesuatu dengan paksaan atau keterpaksaan niscaya akhirnya nanti pasti tidak akan baik untuk kita sendiri nantinya, tapi harus kita inget semua akan mudah kalau kita bekerja keras dan selalu belajar,di MAN selain banyak jurusan nya ,banyak pula fasilitas yang mendukung seperti leb, perpus,dll
      saat kita melakukan tes penjurusan kita di hadap kan denagan kemampuan kita sendiri dan tak ada bantuan dari orang laen,karna hasil tes itu akan menunjukan kemampuan kita untuk masuk jurusan apa, apa masuk jurusan ipa,bahasa, agama ataupun ips. semua itu tergantung usaha kita sendiri seperti apa,dan kemampuan kita itu lebih cocok ke jurusan ap, semua jurusan itu sama,tidak ada yang rendah atau pun yag tinggi,semua itu tergantung kita nya sendiri menanggapinya seperti apa.
       bagi sebagian siswa jurusan itu menunjukan orang tersebut seperti apa, misal nya yang masuk ipa terkenal dengan anak yang pinter,berprestasi, anak2 yang culun, di siplin , pokok nya punya nama baik dech, lain dengan ips, biasa nya ips di kenal dengan anak-anak nya yang nakal-nakal, zuka melanggar peraturan, anak-anak yang bermasalah,pokok nya yang jelek2 dech, pdahal semua itu tanggapan yang salah, kita tidak boleh mengecap orang seperti itu.
      lain ips dan ipa, biasanya kalau jurusan bahasa di bilang klau yang masuk bahasa adalah anak2 "rekareh" dan suka seenak nya dan tidak di siplin, padahal semua itu salah, trus klau jurusan agama, pasti tanggapan mereka "klau yang  msuk agama tu nantinya akan jadi ustad dan kiai, serta ustazah" ea, memang di jurusan agama memang lebih banyak agama nya. tapi seharusnya kita tidak boleh mengecap seperti itu kpda setiap jurusan, semua itu kmbali kpda diori kita sendri menanggepin nya gimana.

0 komentar:

Posting Komentar

About this blog

Diberdayakan oleh Blogger.